MENU

CARI

Friday 4 February 2011

HAUSE OF SAMPOERNA



            Kompleks bangunan megah bergaya colonial belanda ini berlokasi di Surabaya lama  di bangun pada tahun 1862 dan saat ini merupakan situs bersejarah yang di lestarikan. Awal nya di gunakan sebagai panti asuhan putra yang di kelola oleh pemerintah belanda, komplek ini di beli pada tahun 1932 oleh liem seng tee. Pendiri sampoerna. Untuk di jadikan pabrik rokok sampoerna yang pertama.

            Kompleks ini terdiri dari sebuah auditorium sentral yang luas.  Dua bangunan lebih kecil disayap timur dan barat serta beberapa bangsal luas berlantai satu di belakang auditorium sentral. Bangunan di kedua sayap auditorium kemudian di ubah menjadi tempat kediaman keluarga, sementara bangsal bangsal besar yang menyerupai gudang di manfaat kan untuk pengolahan tembakau dan cengkeh, pracikan pelintingan dan pengepakan, percetakan serta pemrosesan barang jadi.
            Sampai saat ini kompleks ini masih berfungsi sebagai pabrik  untuk memproduksi rokok kretek paling bergengsi di Indonesia, dji sam soe. Memperingati ulang tahun nya  ke 90 sampoerna di tahun 2003, kompleks utama telah di pugar dengan seksama dan saat ini terbuka untuk masyarakat umum.
            Auditorium sentral saat ini di fungsikan sebagai museum dan sayap timur telah di sulap menjadi suatu bangunan unik yang menaungi sebuah kafe, kios dan galeri seni. Bangunan di sayap barat tetap di pertahankan sebagai kediaman resmi keluarga.

Museum
           
            Museumdi house of Sampoerna menawarkan sebuah pengalaman unik. Mulai dari cerita tentang keluarga pendirisampai melihat dai dekat fasilitas produksi rokok linting tangan dan berakhir dengan pengalaman tak terlupakan melinting  rokok kretek dengan alat tradisional. Anda dapat bergabung dengan 3000 wanita di pabrik ini, yang dapat melinting lebih dari 325 batang per jam.
            Took museum di hos menawarka berbagai cindera mata. Terrmasuk di dalam nya miniature alat linting rokok tradisional, Paket cengkeh bukuu buku dan kaos.

Kelompok Perusahaan Sampoerna

            Sampoerna didirikan dengan bertunpu pada usaha tembakau dan cengkeh. Perusahaan ini termasuk salah satu produsen rokok kretek ( tembakau dan cengkeh ) tertua dan yang berkembang paling pesat di Indonesia, pasar rokok terbesar kelima di dunia dan merupakan perusahaan rokok pertama yang masuk bursa efek Jakarta.
Sampoerna telah berhasil mengembangkan perusahaan rokok nya ke berbagai wilayah di luar Indonesia dan juga melakukan diversifikasi di dalam negeri, di bidang distribusi dan transformasi percetakan dan pengemasan serta perdagangan eceran dan grosir.

Kios

            kios di haus of sampoerna siap mensuplai anda dengan berbagai pilihan barang termasuk cangkir, kaos, jaket, asbak, topi, tas, dan masih banyak lagi. Barang barang ini selain cocok untuk dipakai sendiri juga sesuai untuk cindera mata.

Kafe

            Dengan sentuhan art deco, kilau kreatifitas bebas serta taburan sejarah, kafe di hos menawarkan suatu pengalaman bersantap yang unik. Memadukan kaca timah asli dan panel kayu jati ukir berusia seabad, dengan desain yang bersih kafe hos betul betul suatu pengalaman yang tak noleh anda lewatkan. Aneka hidangan selera barat dan asia di persiapkan khusus untuk memuaskan selera pengunjung, bahkan bagi mereka yang sangat kritis terhadap rasa. Pada malam malam tertentu, live musik akan mengiringi santap malam anda.

Galeri seni
            Galeri seni di hos mempersembahkan serangkaian pameran karya seniman di Indonesia terbaik serta menyediakan tempat bagi para seniman muda berbakat untuk menggelar karya mereka. Galeri ini menyajikan karya bermutu yang hanya tersedia untuk di pamerkan maupun yang tersedia untuk di jual.


Jam buka
Setiap hari                                            09:00-22.00

Bea masuk
Free

Perkiraan waktu tempuh ( mobil pribadi/taksi)
  • 5 menit dari tugu pahlawan
  • 10 menit dari gerbang tol tanjung perak.
  • 12 menit dari plaza tunjungan




Informasi dapat berubah sewaktu waktu hubungi

House Of Sampoerna
Taman sampoerna, Surabaya, 60163, Indonesia
Tel. +62313539000 fax. +62313539009

No comments:

Post a Comment