Monday, 7 February 2011

HIKAYAT PANCATANTRA


B.HIKAYAT PANCATANTRA
Panca berarti lima dan tantra berarti alat untuk merentangkan(+jantrra)atau berarti benar arti kiasan nya dalah cerita. Panca tantra di pandang sebagai induk cerita binatang (fable)di seluruh dunia.panca tantra berbentuk cerita berbingkai dan amat populer di eropa dalam bahasa jerman inggris dll,sebaliknya buku yang
asli dari India sendiri sudah tidak ada.
Hasil pengolahan terakhir adalah hikayat yang di susun oleh burzue,dokter pribadi syah Persia chosrauanu sirwan atas perintah raja nya dalam tahun 672. nama cerita menjadi kalila dan damina.
Kemudian cerita itu di kerjakan dalam bahasa arab sehingga tersebar di seluruh tanah arab kemudian
meluas sampai di eropa akhirnya setelah melalui terjemah dalam bahasa belanda satu cerita kalila dan damina sampai di Indonesia di terjemahkan oleh honggrijp tahun 1866.
Sebelum nya yaitu lebih kurang tahun 1750,hikayat kalila dan damina sudah masuk ke Indonesia,mungkin dari kalingga hikayat ini pun di terbitkan oleh honggrjp yaitu pada tahu 1876.
Di samping itu juga sudah di terbitken sebuah buku kecil hikayat panca tanderan,yang di sebut orang melayu sebagai hikayat kalila dan damina (kitab bacaan dari murid sekolah melayu)
1.isi panca tantra
            Dalam suatu Negara di India selatan memerintah lah seorang raja bernama raja asmara sakti.
            Ia berputra tiga orang yang dungu ada seorang brahmana yang bernama wisnu sarman yang pandai dalam niti sastra,ia sanggup mengajar anak anak raja itu dalam waktu 6 bulan.winu sarman lalu menulis buku yang terdiri ats lima pasal yang kemudian di ceritakan kepada anak anak raja itu.lima pokok cerita itulah yang kemudian di ceritakan kepada anka anak raja itu.lima pokok cerita itulah yang kemudian di kenal dengan nama panca tantra, yaitu:
a.                          lembu sanjiwaka yang patah kaki nya di tinggal kan dalam rimba setelah kaki lembu itu sembuh kemudian bersahabat dengan seekor singa,pinggala nama nya kedua patih singa itu,serigala yang mulanya menganjurkan persahabatan itu menghasut kedua sahabat itu karena tuan mereka tidak suka lagi makan daging kedua sahabat itu berkelahi dan kedua dua nya tewas.
b.                          Cara bagaimana segala yang lemah dengan jalan Bantu membantu dan  kesetiaan dapat menghindarkan musuh yang kuat beberapa ekor burung yang kena jerat itu,dengan jalan bersama sama sekali terbang dapat melarikan diri bersama jerat jerat itu dan terhindar dari pemburu, lalu datang seekor tikus memutuskan jerat itu seekor burung gagak mengerti akan ibarat nya lalu bersahabat pula.kemudian datang pula seekor babi dan seekor rusa ketika itu tertangkap oleh pemburu datanglah sahabat sahabat nya melepaskan.
c.                          Pelajaran politik tentang perang dan damai di lukiskan oleh cerita perkelahian antar burung gagak dan burung hantu.banyak nasihat tentang menteri,kewajibnan mereka.hubungan meraka dengan raja,tantang perang,tipu muslihat serta keberanian.
d.                         Orang dapat di bujuk untuk melepaskan apa yang di poeroleh nya karena mendengar percakapan bohong.misal nya buaya yang melepaskan seekor kera yang telah dapat di tangkap nya karena kera itu mengatakan bahwa hati nya tertinggal di suatu pohon.di sini di sisipkan suatu cerita tentang seekor keledai yang tidak mempunysi hsti dan telinga.
e.                          Sebagai peringatan perimgatan yang terburu nafsuyaitu cerita tentsng seekor cerpelai(sejenis musang:garangan)yang setia yang di suruh menjaga seorang anak kecil.ketika tampak moncong cerpelai berlumuran darah.dengan tidak di periksa lagi binsatang itu di nbunuh tuan nya sebab di sangka telah memakan ank itu.kemudian dari bangkai seekor ular  dapat di ketahui bahwa cerpelai tiu sebenar nya telah membunuh ular,musuh yang berbahaya itu.
Secara pokok lima pelajaran tiu berisi tentang
1.pemutusan persahabatan
2.cerita orang yang mencari persahabatan
3.politik pada waktu perang dan damai
4.si bodoh yang dapat di tipu
5.perbuatan yang di kerjakan dengan tergesa gesa.yang menyusahkan
Karena cerita cerita itu amat menarik, putra putra raja itu tiada bosan mendengar nya.akhir nya kelakuan mereka bertambah baik dan menjadi anak anak yang cerdik lagi bijaksana.
Dalkam panca tantra ada yang di sebut vbersi besar dan versi kecil.versi kecil di pandang sebagai versi asli dan benar,inilah yang berdasarkan versi India barad laut,edangkan versi basar baru timbul kemudian.dalam unsure versi besar ini tercampur cerita cerita lain..timbulah hitopadesa,yang di himpun oleh narayana.berbeda dengan panca tantra yang di bagi kedalam lima bagian, hitopadesa terbagi atas empat bagian yaitu:
1.      bagian mendapat teman
2.      bagian memisah kan teman
3.      tentang perang
4.      tentang damai

No comments:

Post a Comment